Dalam perjalan saya menuju Surabaya, saya sempat bertemu dengan Goe Sio Hong, seorang analis yang pernah dikabarkan trading dengan modal Rp 100 juta dalam waktu 2 tahun menghasilkan gain sebesar Rp 1 Milyar. Sambil menunggu barang-barang diturunkan dari pesawat saya sempat berbicara dengan ybs mengenai kondisi market saat ini.

Meskipun sebenar ybs sudah tidak lagi trading di pasar modal (BEI), namun tetap mengikuti perkembangan ekonomi dan pasar modal dalam negeri dan pasar global. Goe Sio Hong mencoba menganalisa kondisi perkembangan ekonomi Amerika yang awalnya hanya berupa krisis finansial, pelan tapi pasti membawa perubahan menjadi krisi ekonomi bagi beberapa negara di eropa dan juga negeri Paman Sam itu sendiri. Analisa singkatnya mengatakan, ada kemungkinan Amerika akan mengalami kondisi yang sama terjadi pada Jepang beberapa tahun lalu dimana kondisi perekonomiannya masuk dalam fase stagflasi.

Banyak "luka" akibat sub prime mortgage yang belum muncul dipermukaan, informasi terakhir adalah macetnya pembayaran kartu kredit yang bernilai hampir 1 Triliun...dan masih ada "luka-luka" lainnya yang akan bermunculan menjelang akhir tahun 2008 ini.

So... stay away from the market and be wise in investing. Now is time to understand that CASH IS THE KING.

0 comments