Review Pergerakan Rata-Rata IHSG - Rasanya setelah kejadian bull paska pemilu legislatif kemarin, jadi inget salah satu artikel di Portalreksadana yang diposting oleh mr.dunk tentang pergerakan IHSG dari tahu 1998-2008. Memang tidak secara khusus mengkaitkan dengan kejadian minggu lalu dimana IHSG bisa terbang, karena sudah banyak analisa technical maupun fundamental handal yang telah membahasnya bahkan saya sendiri sampai bingung mana yang mau diikuti.

Namun, dengan data yang ditampilkan oleh mr.dunk dengan lebih sederhana pada salah satu artikelnya cukup memberikan insight bagi saya yang mencoba menganalisa sebuah pergerakan dengan beberapa tehnik. Dari analisa saham secara fundamental, teknikal, ilmu curi dengar dari small block trader yang bisa menggerakan saham dengan harga dibawah Rp.100 hahahaha... macam TRUB dan TRAM :))

O. iya kembali pada data dibawah ini yang menunjukan suatu pergerakan rata-rata IHSG yang ditampilkan secara bulanan. Terlihat bahwa pergerakan naik dari IHSG secara signifikan seringkali terjadi pada bulan Januari, Mei dan Desember. Namun tidak diketahui apakah terjadi pada awal, pertengahan atau akhir bulan.

Apakah ini artinya menjelang bulan mei ini bisa dilakukan pengumpulan saham tertentu yang memiliki pola yang sama dengan IHSG. Nah... silahkan dianalisa sendiri dan bagi-bagi disini ya. informasinya.
Gambar diambil dari Portalreksadana.com


1 comments

  1. Tentaran Upadate // August 4, 2020 at 4:55 AM  

    Hey admin!! i am very glad to read this article. Thank you so much for sharing with us.
    Make pan card online