Belakangan ini saya mulai merubah cara menganalisa untuk keperluan trading. Analisanya sederhana saja yaitu hanya bermodalkan chart amibroker dengan AFL Volume Break. Setiap malam saya mencoba mencari saham-saham yang memiliki perbandingan volume transaksinya lebih besar dari 2 kali rata-rata volume transaksi 3 hari terakhir.

Minggu lalu berawal dari informasi seorang rekan tentang BKSL saya sempat menjadi tukang copet beli di 108 jual di 115.. buru-buru keluar karena trading pakai credit limit ada kekhawatiran nyangkut. Ternyata BKSL ditutup di harga 130an. Nyesel....? Ga juga.. karena bisa cuan dari utangan hehehe.

Dari sana saya belajar bagaimana volume mendrive sebuah harga, walaupun sebenarnya teori ini sudah usang. Tapi kadang orang menganggap teori baru lebih tokcer apalagi software baru yang menawarkan kemudahan cuan dalam transaksi saham. Ah.. saya lebih suka dengan yang usang-usang tapi bisa cuan. Kalau kata guru yang beraliran fundamental.. selama LU cuan.. LU benar tidak peduli dengan metode apapun.

Jadi.. kunci saya di volume transaksi kemudian dilengkapi dengan stochastic, bolinger band dan zig zag indicator. Tapi yang terpenting bagi saya memutuskan untuk beli adalah volume dan stochastic. Kalau sahamnya memiliki volatilitas yang tinggi lebih sedap lagi.. *ini hanya cocok untuk yang home trader kalau untuk saya tidak cocok - ngerti kan maksudnya hehehe* meskipun kadang-kadang nekad untuk sekedar mencari CUAN 50.000 / hari.

Nah.. analisa Volume kali ini jatuh pada MNCN yang volatilitasnya cukup tinggi. Siapa berani trading besok pagi ambil posisi beli..? Ini chartnya ala saya yang HB (Hajar Bleh).


Kalau cuan jangan lupa beliin kado cincin buat pacar atau istrinya ya...hehehehe. Kalau buntung tanggung sendiri. :)

0 comments