Arah indikator biasanya mengikuti arah harga. Jika harga naik maka indikator juga naik. Tapi ada kalanya indikator membuat gerakan berlawanan dengan arah harga. Jika trend harga naik dan trend indikator turun, gerakan tersebut dinamakan dengan bearish divergence, yang artinya kenaikan harga mulai melemah dan keumungkinan harga akan turun. Sebaliknya jika trend harga turun dan trend indikator bergerak naik, itulah yang dinamakan dengan bullish divergence yang artinya pemurunan harga mulai melemah dan kemungkinan harga akan naik.

Trader yang cerdik selalu mencoba bergerak terlebih dahulu dari kebanyakan trader lainnya (crowds) dengan selalu mencoba mencari divergence. Divergenve dapat terjadi pada indikator-indikator tertentu seperti MACD, RSI, Stochastic, MFI, OBV.

Mereka-mereka yang tidak bisa membaca chart beserta indikator-indikatornya tidak mungkin dapat menemukan divergence. Merka adalah trader buta yang mencoba menjadi trader buta dari gua hantu. Program-program tertentu seperti Metastock dapat menemukan divergence secara otomatis.

Contrarian trader adalah trader yang bertidak berlawanan dengan kebanyakan trader (herds). Mereka melakukan penjualan jika misalnya yang lain masih beramai-ramai beli. Mereka membeli pada waktu kebanyakan trader lainnya menjual. Mereka tahu bahwa harga segera akan berbalik antara lain dengan mengetahui adanya divergence.

0 comments