Tertarik dengan tulisan eyang ratman dari milist junior trader. Saya numpang ngopi aja.. buat reminder kalau-kalau muncul greedynya. Kaya kejadian kemarin.. seharusnya PGAS sudah bisa direalisasikan di 1930-1940, namun karena masih cetek ilmunya... jadi melayang deh.. cuan 3% dalam 2 hari.

Saat ini pasar masih dalam keadaan bearish. Salah satu sifat atau karakter bearish yang harus benar-benar diketahui oleh para trader adalah bahwa pada waktu bearish maka rally selalu lebih pendek dari koreksi. Contoh jika harga turun selama 5 hari maka naiknya tidak akan lebih dari lima hari. Jika harga turun 10% maka naiknya tidak akan lebih dari 10% malah kurang dari 10%. Nah berapapun kenaikannya para trader harus dapat memanfaatkan kenaikan tersebut dengan menghindarkan diri dari sifat serakah atau “greedy”. Banyak trader yang benar mengambil posisi beli (long) dan harga saham memang naik setelah mengambil posisi tersebut akan tetapi akhirnya rugi. Hal tersebut disebabkan karena si trader tetap menahan sahamnya dengan harapan kenaikan akan berlangsung terus padahal diseberang sana banyak para professional siap dengan guyurannya karena telah mendapatkan keuntungan yang “cukup” (bukan besar) yang dapat menyebabkan harga saham jatuh tidak terkendali sehingga tidak memberi kesempatan kepada mereka-mereka yang menahan sahamnya untuk menghindar dari guyuran tersebut.

Tips:

  • Untuk dapat memanfaatkan keputusan tepat pada waktu mengambil posisi beli, jika keadaan pasar sedang bearish hindarkanlah sifat “greedy” (serakah). Ingat selalu bahwa pada waktu bearish rally selalu lebih pendek dari koreksi. Kita tidak akan bangkrut dengan mendapat keuntungan kecil. Kita akan bangkrut jika membiarkan diri kita diguyur sampai basah kuyup oleh para professional.
  • Dengan hanya melihat berapa hari atau berapa % kenaikan atau penurunan terjadi, trader dapat memanfaatkan peluang keuantungan.
  • Untuk menjalankan tips ini Money and Risk Management mutlak dipakai.
  • “Let profit run” pada waktu bearish lebih banyak dilakukan jika mengambil posisi “short” (jika diperkenankan). Jika mengambil posisi “long” pada waktu bearish maka yang berlaku adalah “hit and run”.

2 comments

  1. masmintar // December 26, 2008 at 3:37 PM  

    Wow keren ternyata sampean jago trader yah....

    saya lagi belajar forex

  2. Adsenser // December 27, 2008 at 9:05 AM  

    @masmintar

    masih belajar juga sih..tapi langsung praktek